Meninjau Manfaat Dan Kelebihan Asuransi Kesehatan Dan BPJS Kesehatan

Image result for bpjs vs asuransi

Musibah bisa datang kapan saja. Secara teori, resiko baik besar maupun kecil tidak akan bisa dihilangkan dalam kehidupan kita, hanya bisa kita coba minimalkan saja. Resiko kehidupan baik dari sisi kesehatan maupun jiwa merupakan hal-hal yang mempengaruhi kondisi finansial seseorang. Kita Perlu adanya perencanaan yang matang mengenai jaminan kesehatan dan jiwa kita agar ketika kejadian tidak terduga itu kita alami, kita akan siap untuk menghadapinya.

Sebagian orang ternyata menyadari perlunya memiliki jaminan finansial dan membeli asuransi untuk memenuhi kebutuhan kita akan proteksi dan perlindungan diri. Ada juga beberapa orang yang merasa hanya dengan memiliki BPJS Kesehatan yang merupakan program pemerintah sudah cukup dengan segala manfaatnya yang ditawarkan

Tentu saja ada beberapa alasan logis untuk menjelaskan kenapa asuransi jiwa dan kesehatan itu penting. Dibawah ini adalah gambaran dari resiko dan kondisi nyata yang kita hadapi sehari-hari yang bakalan menyadarkan kita pentingnya memiliki asuransi jiwa dan kesehatan:

  • Musibah datangnya tidak pernah terduga
  • Biaya kesehatan yang terus meningkat tahun demi tahun
  • Kematian adalah hal yang pasti kita alami suatu hari nanti
  • Ketika usia kita menginjak usia senja biasanya kemampuan kita untuk mencari penghasilan atau bekerja akan menurun dengan bertambahnya usia. Ada saatnya nanti kita tidak mampu lagi bekerja dan memperoleh penghasilan.Di saat seperti inilah dimana kita membutuhkan jaminan kesehatan dan finansial sehingga kita tidak akan membebankannya kepada generasi di bawah kita.

Manfaat-manfaat yang telah disebutkan diatas tidak akan bisa kita dapatkan dengan kita hanya memiliki BPJS saja, memang ketika kita mendapatkan manfaat ketika kita atau mengalami musibah kecelakaan, namun terkadang ada banyak prasaratan yang harus kita lalui untuk merasakan manfaat dari BPJS tersebut.

Untuk itulah mari kita lihat perbandingan antara manfaat Asuransi Kesehatan Swasta dan BPJS Kesehatan sehingga anda bisa memutuskan program yang terbaik untuk anda dan keluarga

  1. Fasilitas

Perusahaan asuransi kesehatan biasanya sudah bekerja sama dengan rumah sakit swasta dengan fasilitas yang layak dan memadai, seperti ruangan kamar yang bagus. Selain itu, makanan dan kelengkapannya juga jauh lebih unggul dibandingkan rumah sakit milik pemerintah. BPJS memiliki manfaat dimana harganya murah namun fasilitas yang ditawarkan terkadang tidak cukup baik dibandingkan dengan asuransi kesehatan, dan juga memiliki syarat ketika kita menginginkan fasilitas yang lebih dari premi yang telah kita bayarkan atau dari segi yang lain seperti obat-obatan dan tindakan yang pastinya memiliki standar yang berbeda.

  1. Kemudahan dan Fleksibel

Klaim yang biasanya diajukan di perusahaan asuransi kesehatan berlaku secara fleksibel,dapat dilakukan baik di rumah sakit dalam negeri maupun luar negeri. Selama perusahaan asuransi kita telah bekerja sama dengan rumah sakit yang bersangkutan, Anda dapat melakukan check up dan menjalani perawatan medis dengan layanan terbaik.

Nah kita bandingkan dengan BPJS dimana dapat dikatakan dokumen yang harus diurus di BPJS Kesehatan tidak serumit yang harus diurus di asuransi kesehatan. BPJS hanya bisa digunakan di Rumah Sakit milik Pemerintah atau Rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS namun memiliki syarat dimana uang pertanggungan jumlahnya tidak terlalu besar dan sisanya harus dibayar secara probadi yang besarannya bisa menyamai ketika kita membayar secara umum.

  1. Pengurusan Dokumen dan Surat

Pengurusan dokumen dan surat-surat penting ketika anda hendak melakukan klaim asuransi memang cukup rumit, namun ketika anda telah melengkapi persyaratan untuk mengajukan klaim, pihak asuransi akan segera mengurusnya dan langsung berkomunikasi dengan rumah sakit tempat anda dirawat untuk segera memproses klaim asuransi anda. BPJS pun sama membutuhkan dokumen dan surat penting untuk bisa diproses ketika hendak rawat inap seperti Kartu BPJS dan fotokopi Kartu Keluarga ketika anda hendak melakukan registrasi rawat inap.

  1. Manfaat

Manfaat yang diberikan oleh perusahaan asuransi kesehatan memperbolehkan nasabahnya untuk memilih tipe perawatan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda. Biaya lain yang berhubungan dengan fasilitas rawat inap dan rawat jalan juga akan ditanggung oleh pihak asuransi sepenuhnya. BPJS juga memiliki keunggulan dimana semua penyakit diterima, namun biasanya BPJS hanya menanggung ketika pasien dalam keadaan yang benar-benar darurat saja sedangkan untuk rawat jalan ketika kita langsung masuk IGD Rumah sakit dan bukan melalui Faskes tingkat pertama, biaya yang di bebankan di IGD bila tidak darurat akan kita tanggung sendiri dengan besaran yang lumayan sedangkan apabila kita masuk Rumah Sakit Pemerintah pun ada pendaftaran dan antrian yang cukup panjang untuk dilalui sehingga penanganan tidak bisa dilakukan secara cepat.

  1. Manfaat Uang Tunai

Image result for tabungan proteksi

Biasanya perusahaan asuransi elain menanggung biaya perawatan rumah sakit, perusahaan asuransi juga akan memberikan tanggungan uang tunai untuk pertanggungan transportasi seperti ambulans atau uang makan. Jumlahnya terhitung sesuai dengan berapa lama nasabah dirawat di rumah sakit. Asuransi swasta juga ada beberapa yang menggabungkan premi kesehatan dengan investasi sehingga kita bisa mendapatkan manfaat tunai yang lebih.

BPJS sendiri tidak memiliki manfaat uang tunai seperti asuransi kesehatan umum, BPJS hanya murni menanggaung Biaya perawatan selama di rawat di RS beserta dengan obat-obatannya.

Meninjau Manfaat Dan Kelebihan Asuransi Kesehatan Dan BPJS Kesehatan

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *